Minggu, 20 Maret 2016

Nikah Sekarang Nggak Yaaa?!

Barang pasti kita memahami bahwa menikah adalah sunnah Rasul dan merupakan ibadah, menyempurnakan sebagian agama. daripada pacaran yang mendekati zina, jelas diharamkan dalam agama, iya nggak? tapi Rina disini mau sedikit cerita nih soal perkara nikah, based on my story and my friend's srory.
jadi ceritanya beberapa bulan lalu entah kenapa lagi ngebetbanget nikah. hahaha iya ngebet nikah. gegara teman-teman udah banyak yang nikah. trus liat mereka kayak happy banget gitu pacarannya abis nikah, udah ada yang jagain, udah ada yang ngimamin, udah ada yang nafkahin, udah punya pacar halal, duh, sedep banget dah kayaknya. terus darisana, Rina ikut Sekolah Pra-Nikah, ya makin aja deh tambah ngebet nikah. 
Sumber: google.com
Pintu yang terbuka, jangan dulu masuk sebelum kau
tahu apa yang menantimu didalam sana.
Qadarullah, lagi ngebet nikah ada seorang ikhwan yang ngajak taaruf kemudian pengen khitbah, duh rasanya kayak pucuk dicinta ulam pun tiba. tapi masalahnya adalah mama & papah belum memberi restu dengan alasan mereka masih menganggap kalo Rina  terlalu muda untuk nikah, ya karena saat ittu Rina masih umur 18 tahun mepet-mepet 19 tahun. aduh galaunya minta ampun! nikah kan bukan soal urusan usia, muda tua asal udah matang asal udah siap ya no problem dong! iya nggak sih?! tapi sayangnya Mama masih bersikeras kalo aku belum siap untuk nikah. aku protes karena aku rasa aku udah cukup dewasa untuk membina rumah tangga, but so My Mom didnt say that!
so, malam itu aku pulang, karena kebetulan memang mendapat libur weekend, Bandung-Banjar 5 jam ditempuh dengan hati yang penuh kecambuk. sampai di rumah akhirnya makan dan mandi, cari ketenangan lah ya setelah berlelah-lelah ria menempuh perjalanan jauh dari Bandung. selesai membersihkan tubuh dan mengenyangkan perut dengan sup ceker super sedap bikinan mama, akhirnya masuk ke topik inti. 
malam itu suasananya santai dan penuh kehangatan, akhirnya aku membuka pembicaraan dengan melempar candaan ringan, kemudian bercerita singkat tentang keadaan kampus dan keseruan kegiatanku bersama teman-teman. lalu semakin malam semakin serius saja akhirnya pembicaraan kami dan akhirnya masuk pada pembicaraan inti, ya intinya aku ngotot kalo aku sudah pantas seharusnya untuk bisa dilepas mama berumah tangga. disamping lain aku jadi kebingungan sendiri gimana jadinya menanggapi proposal yang terlanjur masuk melalui mentorku.
"Na, dalam fikiran Nna, nikah itu kayak gimana sih?" tanya Mama lembut.
"Ya membangun rumah tangga yang sawama Ma, ngelayanin suami, bersama-sama ngadepin semua tantangan hidup, ibadah bareng, berjuang bareng..." jawabku semangat
"nah kan katanya mau ngadepin semua tantangan hidup bareng-bareng, kira-kira bakal gampang nggak?" tanya Mama mengumpan balik
"Ya enggak akan mudah sih Ma, tapi kan kalo bareng-bareng bakal lebih mudah"
"Nna pernah liat Mama sama Papa berantem kan? nah tantangan hidup setelah rumah tangga itu kayak gitu, nggak butuh cuma cinta agar semua berjalan mulus, dan pada dasarnya kemulusan jalan itu nggak pernah ada. Nna udah siap kalo ternyata suami Nna punya sifat yang buruk yang nggak Nna suka? Nna udah siap kalo suatu saat Nna akan punya anak, ngurusin anak, ngedidik anak, ngurusun suami juga, itu bukan hal mudah lho! udah siap kalo seandainya suami Nna nggak bisa nafkahin Nna secara sempurna? udah siap ngeback-up kalo iman lagi lemah?"
deg... aku nggak bisa jawab. hayo lho...
"Nna udah faham apa tujuan nikah Nna?" lanjut mama
"hm... ya menyempurnakan separuh agama mah, menjauhkan diri dari zina terutama!"
"niatnya baik, tapi sebenernya menyempurnakan separuh agama itu kayak apa sih?"
"ya pokoknya berjuang bareng-bareng untuk mencapai jannah Mah" jawabku polos, sedikit ragu. Oh good, aku mulai meragukan hatiku sendiri.
"terus menjauhkan diri dari zina, emang Nna ada niat untuk zina jadi harus sampe sesaklek ini nikah suapaya ga zina? emang Nna nggak bisa jaga kemuliaan Nna?"
"ya enggak gitu juga Ma, tapi kan kalo udah nikah halal kan mau ngapain juga, lebih terjaga gitu!"jawabku malu. ya aku merasa malu sendiri.
"Mama bukan nggak percaya sama anak mama sendiri, tapi kalo tujuan nikahnya supaya bisa pacaran halal, apa itu udah bisa dibenarkan?"
"ya tapi kan ma..."
"tujuan nikah itu ibadah, mengabdi sama suami, merelakan banyak kebebasan saat masih sendiri dengan pengabdian tanpa henti 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu untuk suami belum lagi sama anak nanti. sudah yakin mampu? sudah melapangkan hati seberapa lapang untuk menanggung semua beban dan luka-lukanya nanti?"
"hm..."
"perbaiki tujuan nikah, nikah itu karena apa? karena Allah apa karena nafsu? ingin ibadah atau ingin memuaskan diri dengan pasangan? nikah itu iri karena belum bisa menyempurnakan agama atau iri karena orang lain udah enak-enakan punya pasangan?"
teng tong... nggak bisa jawab. malu. malu. malu. Ashtagfirullah...
"ingat, nikah itu bukan perkara simpel kaya beli ayam di pasar, nikah itu butuh kesiapan, butuh kematangan, butuh keteguhan. mama tau anak mama pasti mampu, tapi suatu saat, bukan saat ini. sekarang kalo kangen mama aja masih rengek-rengek minta pulang, kalo pengen apa nggak dibeliin aja masih suka ngambek-ngambek, kalo dibangunin tahajud aja kadang masih ada ntar ntarnya, ngatur uang jajan aja masih suka kebablasan, beberes rumah aja Nna kadang masih males-malesan! hayo gimana nanti kalo udah punya suami, gimana ngelayanin mertua?"
jleb... aku hanya mampu melongo. persis kaya anak TK terkagum-kagum liat sirkus.
"Mama nggak ngelarang nikah, tapi mama cuma ingin anak mama bisa lebih dewasa untuk memutuskan semua keputusan dalam hidup. nikah itu cari ridha Allah kan? berarti butuh keikhlasan dan keteguhan dalam menjalaninya. buru-buru itu dari syaitan datangnya kan, mama pengen Nna berfikir bener-bener soal nikah itu. jodoh itu datang diwaktu yang tepat kok. sekarang nna masih kuliah, masuk ke unpad itu bukan hal mudah, yakin mau ngelepas kuliah? ya kalopun sambil kuliah, seberapa bagus Nna bisa nyeimbangin waktu buat kuliah sama waktu buat suami? Nna udah dewasa, coba berfikir lebih mendalam lagi ya, ini bukan perkara mudah jadi harus dipikirin mateng-mateng. Mama sayang sama Nna"
cukup Ma, aku nggak bisa jawab. Mama maafin aku... aku udah suudzan sama mama, iya memang benar apa yang dikatakan mama. Ashtagfirullah, niat aja belum bener, gimana ngejalaninnya ya. dahsyat memang godaan syaitan mengotak-atik perasaan. hilang sudah semua galau. fix, aku mau benahin diri dulu baru siap melangkah lebih jauh,
ah, terkadang diri ini terlalu egois, terkadang iman yang tak seberapa kokoh ini mau sok-sokan menantang semua ujian yang belum sesuai proporsinya. mau dibikin secompang-camping apa duhai hati? terkadang melihat ada pintu terbuka, rasanya pingin langsung aja masuk tanpa mempertimbangkan apa sebenernya yang ada dibalik pintu. butuh persiapan! jodoh kan cerminan, kalo sekarang kita lagi beberes diri,insya Allah jodoh kita diluar sana juga sama-sama lagi beberes, dan lagi tiap manusia yang Allah ciptakan sudah disiapkan pasangannya, tinggal doa aja sama Allah, semoga mendapat yang terbaik. ingat! luruskan niat! perbaiki diri! teguhkan iman! ikhlaskan hati! 
salam jomblo mulia!:)
Allahualam

1 komentar: