Minggu, 18 Januari 2015

Unpad... Unpad... Unpad Kita Bersatu! (The Story About Unpad Student Orientation Programme 2014)



Unpad... Unpad... Unpad Kita Bersatu!

Setelah beberes banyak barang bawaan, yup akhirnya gua siap untuk berangkat. Hiks sedih juga karena mulai besok gua bakal pindah ke Jatinangor, merasakan kehidupan sebagai anak kost lagi, Kayak jaman PKL dulu waktu SMK. Tapi sayang, badan lagi kurang fit, agak demam sama nggak enak badan, masuk angin kali ya?! Huuh... padahal besok bakal perjalanan jauh. Besok travel bakal ngejemput jam 6 pagi, so harus siap-siap dari pagi. Berat baget. Berat baget. Berat baget. Harus ningalin rumah, out dari ‘zona nyaman’ gua selama ini, jauh dari ummi abi, dari sanak family. But gua harus bangkit, katanya mau sukse?! Tapi gamau lepas dari ketek amak, so lame!
Malam ini gua tidur di kamar, mendadak insomnia kumat, jadi gua lewatin malam dengan ngelamun, menduga-duga apa yang bakal gua alamin di perantauan sana nanti, ah alangkah masih sangat betah untuk stay home, tapi apadaya demi masa depan yang lebih cerah, ya harus leave home, berubah status dari siswa jadi ’Maha’siswa, wooow ada ‘Maha’nya Fren sekarang mah!
Dilepas dengan tangis nenek, haru biru say see you sama keluarga and tetangga. Ah maaf aku banyak salah, doakan semoga aku sukses kuliahnya semua, Cuma kata itu yang terucap. Seriously, pasti bakal kangen beud sama home, sama kampung halaman, udah bisa dipastiin karena jarak yang jauh dan satu-satunya libur panjang adalah pasca UAS, So kemungkinan balik kampung nanti selepas UAS, 5/6 bulan lagi. Pasti kangen. Pasti kangen. Pasti kangen!
Tadaaa... hamdallah akhirnya gue sampai di asrama 2 mahasiswa Bidik Misi, itu tuh gedung merah samping rektorat. Setelah semua keperluan beres, urusan peralatan survivor,  beberes kamar, beli kebutuhan pokok ala ala anak kost (beras, mie instan, susu & camilan, obat magh & obat masuk angin) terpenuhi,  saatnya nyiapin diri buat Ospek! Wuih Ospek yee... udah negatif aja ekspektasi dan khayalan soal Ospek. Apalagi liat di TV, banyak kasus perpeloncoan dan penganiayaan senior pada junior saat Ospek, duh makin mules aja dah saat ngebayangin Ospek kuliahan kek gimana.
Atribut ospek di Unpad ternyata ga ribet, make baju seragam putih abu bekas SMA, make jas almamater, papan nama sebagai tanda pengenal, bawa handbook yang dibikin sendiri yang isinya materi seputar keunpadan, sepatu pantofel, pita kesehatan (yeah you know what I mean) obat-obatan, alas duduk, makan siang, masker, alat shalat, air buat wudhu, sumbangan buku sama beras, yah standar lah ya, ga ribet-ribet amat kayak jaman-jaman SMA dulu yang kudu make topi kerucut merah putih lah, kaos kaki kanan putih kiri item, tali sepatu make rafia, make kalung dari permen, teka teki makanan, papan nama make dedaunan lah dan lalalala yang gue sendiri ga faham sebenernya apa faedahnya.
PRABU alias Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (kalo ga salah yee) merupakan sebutan untuk ospek di Unpad. Pagi-pagi jam 7 semua maba dikumpulin di lapangan GOR Djati Padjadjaran sesuai dengan kelompoknya. Nah tiap kelompok nih ada PJ atau senior pembimbingnya bberapa orang, yang tugasnya ngebimbing sama ngejagain kita-kita si maba emesh-emesh.  Tebak dah, ngapain aja coba pas PRABU? Disuruh sit up 100x, lari keliling lapang 10 keliling, jalan bebek, dimarah2in, dijemur seharian? OH NOOOOOO! Ekspektasi gue terhadap ospek aka PRABU di Unpad 1800 salah! Kita-kita nih para maba Cuma disuruh duduk lesehan di tenda biru, terus nontonin art show dari kakak-kakak senior, dengerin ceramah dari para dosen & petinggi unpad, terus dikasih materi tentang segala macem tektekbengek serba-serbi Unpad dan dunia perkuliahan. Gitu doang kok sumpeh ya, kaga ada galak-galaknya, kaga ada hukuman fisik dan bully-an dari senior kaya bayangan gue sebelumnya. Hahahaha udah suudzan duluan sih gue! Alhamdulillah PRABU berjalan aman, damai, tentram, sentosa, dan sejahtera, Cuma efeknya adalah pinggang pegel-pegel karena kebanyakan duduk. Plak plak plak tempelin koyo di pinggang sama minum multivitamin aja dah ya pas lagi Ospek, terus inget, JANGAN SAMPE KETIDURAN! Waaaaks
Di hari terakhir PRABU, itu bagian paling seru menurut gue, karena ada panggung bebas, mau dosen, mau senior mau junior boleh dah mau ngapain juga di itu panggung. Ada alat musik sm karaoke juga, jadi udah ketebak lah ya, itu panggung udah kaya panggung audisi The Voice of Unpad. Selain itu semua UKM aka Unit Kegiatan Mahasiswa di Unpad pada buka stand buat promosiin dan narik minat maba buat join sama mereka. Buanyak banget! Dari mulai klub olah raga, kesenian, bahasa, warta, teater, fotografi, paguyuban daerah, organisasi sosial, seni bela diri, wirausaha, drumband, keagamaan, musik, padus, catur, pecinta alam, dan banyaaaaak lagi. Tinggal milih dah mau join dimana aja. Selain itu juga ada bazar food & merchandise, segala souvenir Unpad ada! Udah kaya mengunjungi festival aja tau ga! Itulah keseruan ospek di Unpad pada tahun 2014, unforgetable banget sih bagi gue, and good luck for the newest journey folks!
U eN Pe A De, U eN Pe A De,
UNPAD, UNPAD, UNPAD, UNPAD
Kita Bersatu!

0 komentar:

Posting Komentar